Mulyorejo

Pemilihan dan Pembinaan Awak Kendaraan Umum Teladan (AKUT) Tingkat Kota Surabaya sudah dimulai pada tanggal 29 April 2011 dan berakhir tanggal 2 Mei 2011.Acara yang bertempat di Gedung Wanita, Jl. Kalibokor tersebut dimaksud untuk pengembangan skill, pengetahuan, dan aturan hukum, serta perilaku mengemudi. Kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 200 peserta yang berasal dari berbagai unsur awak angkutan umum di Kota Surabaya, antara lain pengemudi taxi, angguna, mikrolet/ lyn, bus kota, kendaraan angkutan pariwisata.

Dalam sambutannya Plt. Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya, Eddi, A.Md LLAJ, S.Sos, MM menyampaikan Pemilihan dan pembinaan AKUT diharapkan bisa meningkatkan spirit, motovasi, pengembangan dari aspek teknis, pengetahuan dan aturan hukum para pengemudi angkutan umum. Pelaksanaan kegiatan AKUT ini berdasarkan pada UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan yang berbunyi, “Upaya membangun dan mewujudkan budaya keamanan dan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan, dilakukan melalui pemberian penghargaan terhadap tindakan keamanan dan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan”.

Kegiatan yang juga dihadiri oleh Walikota Tri Risma Harini ini juga diberikan beberapa materi pendukung kegiatan AKUT serta bahan post test bagi peserta. Dihari pertama dan kedua kegiatan AKUT berbagai materi diberikan oleh dinas terkait. Seperti Polwiltabes Surabaya, Dishub dan LLAJ Prop Jatim, Jasa Raharja serta lembaga pendidikan Unair. Dari 200 peserta akan disaring 40 peserta terbaik untuk mengikuti psikotest di hari ketiga (2 Mei 2011). Selanjutnya dipilih 3 peserta terbaik dari Kota Surabaya, yang akan diumumkan pada minggu kedua di bulan Mei. Dimana peserta terbaik akan mewakili Kota Surabaya di tingkat provinsi untuk kegiatan berupa.[fr]