Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya berencana menambah kamera CCTV (Circuit Closed Television) di sejumlah titik di Terminal Tambak Oso Wilangun (TOW). Penambahan CCTV itu dimaksud untuk meningkatkan keamanan di lingkuangan terminal serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Untuk tahun 2011 ini akan ada pemasangan sebanyak 5 unit kamera”, tutur Ir. Irvan Wahyudrajad, M.MT, Kepala Bidang Sarana Prasarana Transportasi Dinas Perhubungan Kota Surabaya. Saat ini, keberadaan kamera CCTV di TOW sebanyak 5 unit. Namun mengingat luas terminal yang mencapai 30.000m2, penambahan fasilitas CCTV tetap diperlukan. Beberapa sudut di TOW memang belum dapat terpantau oleh kamera CCTV. Sehingga tahun ini Dishub merencanakan pemasangan di gerbang pintu keluar terminal, kedatangan AKAP/ AKDP, shelter bus kota serta ruang tunggu penumpang.

Dengan penambahan kamera CCTV itu diharapkan pengawasan di kawasan terminal akan menjadi lebih optimal. Saat ini di beberapa sudut terminal sudah terpasang CCTV, diantaranya gerbang kedatangan terminal , parkir AKAP/AKDP, dan keberangkatan bus AKAP/ AKDP. Dengan adanya fasilitas ini pergerakan penumpang dan kendaraan akan lebih mudah terpantau kamera CCVT.[fr]

Ruang Control CCTV di Terminal TOW

CCTV di Keberangkatan Terminal TOW

Capture CCTV di keberangkatan Terminal TOW