…………………………………………………………………………………………………………………….

Keberhasilan Kota Surabaya meraih penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) di tahun 2009 yang angsung diberikan oleh Menteri Perhubungan, Fredy Numberi, di Gedung Kementrian Perhubungan Jakarta, menambah semangat untuk tetap meningkatkan aspek penataan transportasi yang berkelanjutan dan berbasis kepentingan publik dan ramah lingkungan.

Penghargaan yang sebelumnya bertemakan Lomba Tertib Lalu Lintas dan Angkutan Kota berubah menjadi Pemberian Penghargaan Wahana Tata Nugraha ini meliputi 3 tahap penilaian diantaranya Tahap I penilaian dokumen administrasi yang dilakukan oleh panitia provinsi, Tahap II Penilaian Ternis dan Operasional dilakukan oleh panitia provinsi, dan Tahap III Penilaian Lapangan Secara Umum yang meliputi pembinaan kepada daerah dan tingkat kehadiran yang dilakukan oleh panitia pusat.

Saat ini Kota Surabaya Tengah mempersiapkan untuk penilaian tahap II, yang telah dimulai dengan kunjungan panitia provinsi ke kota atau kabupaten untuk memberikan pengarahan dan akan dilanjutkan papa tahap survey lalu lintas dan angkutan. Survey pada tahap II ini akan dilakukan pada hari Sabtu, tanggal 9 Oktober 2010.

Pada Survey kali ini akan dilakukan di beberapa titik antara lain di Jl. Darmo, Jl. Pangsud, Jl. Basuki Rahmad dan beberapa terminal di Surabaya.Penilaian meliputi penyediaan prasarana jalan, penyediaan perlengkapan jalan, penyelenggaraan sarana angkutan, penyediaan prasarana angkutan, Kinerja Lalu Lintas Jalan, dan Kinerja Angkutan Umum.

Sumber : Dinas Perhubungan Kota Surabaya